Breaking News
Home / profil / Sopan Santun Membaca Al-Qur’an

Sopan Santun Membaca Al-Qur’an

DISUSUN OLEH: KH. ARWANI AMIN KUDUS

kecil mbah arwaniBISMILLAHIIRRAHMAANIRRAHIM

Sopan santun/tata cara membaca alqur’an itu banyak sekali. Adapun cara yang paling baik iyalah harus badan bersih juga pakaiannya, serta wajib suci yakni berwudlu lebih dahulu, duduk yang baik, tenang anggota badannya dan tenang hatinya dan harus ikhlas membacanya hanya karna Allah. Lebih utama dibaca diwaktu sholat atau sesudah sholat. Lebih baik lagi membacanya diwaktu malam hari, lebih-lebih setelah tengah malam.

Kalau akan membaca alqur’an lebih dahulu membaca”   اعوذ بالله من الشيطان الرجيم“ dan membacanya yang terang (tartil), terang tiap-tiap hurufnya, dibaca menurut makhroj dan sifat-sifat hurufnya begitu juga tajwidnya harus yang benar, dan harus dijaga waqof (berhenti) washolnya (sambung). Kalau semestinya waqof maka harus diwaqofkan, sebaliknya kalau washol maka harus diwasholkan.

Adapun hal-hal yang memudahkan kita untuk mengetahui mana yang sebaiknya waqof atau washol itu kita harus memperhatikan pada tanda-tanda waqof atau washol yang sudah ditulis oleh para ulama’ ahli qur’an pada ayat-ayat alqur’an. Kalau kita mau menggunakan tanda-tanda tadi insyaallah kita dapat dengan mudah memahami arti alqur’an.

Wajib bagi orang yang membaca alqur’an atau yang mendengarkan bacaan alqur’an untuk menujukan hati dan pikirannya kepada ayat-ayat alqur’an yang dibaca atau didengarnya, supaya dapat memahami arti atau maksud yang terkandung dalam Al-qur’an. Inilah tujuan dan maksud Al-qur’an dibaca dan didengarkan, dan orang yang membaca alqur’an atau mendengarkannya kalau ada ayat-ayat yang sifatnya memerintah, harus merasa bahwa dirinyalah yang diperintah itu, dan sebaliknya kalau ada ayat-ayat yang sifatnya mencegah maka harus merasa bahwa dirinyalah yang dicegah itu.

Orang yang beruntung adalah orang yang mau menerima ajaran alqur’an serta alqur’an digunakan sebagai dasar pokok untuk menjalankan ibadah dan mencari penghidupan, hubungannya sesama manusia didasarkan atas dasar hukum-hukum alqur’an, dan dapat membedakan perintah alqur’an, mana yang halal mana yang haram.

SabdaRosulullah:

كتاب الله فيه نباء ما قبلكم وخبرما بعدكم وحكم ما بينكم هو الفصل ليس بالهزل ومنابتغي الهدى فى غيره اصله الله تعالى وهو حبل اللهالمتين وهو ذكر الحكيم وهو الصراط المستقيم وهوالذى لا تزيغ به الاهواء ولا تلتبس به الالسنته ولا تشبع منه العلماء

Yang artinya: kitab alqur’an itu memuat cerita-cerita kuno sebelum kamu sekalian , dan juga untuk memberi hukum barang yang ada diantara kalian semua. Al-qur’an adalah perintah yang pasti bukan senda gurau. Barangsiapa yang mencari petunjuk selain petunjuk alqur’an maka orang tadi akan disesatkan oleh Allah. Al-qur’an adalah tali Allah yang kuat serta Alqur’an adalah perintah yang mengandung banyak hukum-hukum, dan alqur’an adalah yang lurus yang tidak akan belok oleh hawa nafsu, dan al-qur’an adalah perintah yang tidak akan kabur diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan alqur’an adalah perintah yang tidak akan dapat mengenyangkan para alim ulama.

Alih bahasa :Agus Irhamna/Fadhlus S

Komentar

comments

Tentang ptyqpa

Check Also

kh-m-arwani-amin

Biografi KHM. Arwani Amin

Biografi KH. M. Arwani Amin ©  Selain dikenal dengan sebutan Kota Kretek, Kudus juga dikenal sebagai …